7 Tips Agar Anak Anda PERCAYA DIRI

1. Ajarkan mereka cara untuk menyelesaikan masalahnya sendiri

Anak-anak seharusnya tidak perlu merasa malu karena kalah, yang penting ia telah berusaha. Dalam jangka panjang, berusaha keras secara terus menerus akan membangun lebih banyak kepercayaan diri dibandingkan hanya bekerja dengan baik tapi hanya sesekali.
2. Jangan pernah mengkritisi penampilannya
Anda tahu betul bahwa segala sesuatu di dalam hidup tidaklah mudah. Karena itu, saat anak mengalami kesulitan, orangtua harus menjelaskan bahwa menaklukkan berbagai tantangan akan meningkatkan kegembiraan saat si anak berhasil melewatinya. Ingatkan anak bahwa jalan menuju kesuksesan biasanya selalu penuh hambatan.
3. Tawarkan bantuan dan dukungan, tapi jangan terlalu sering

Omelan, umpatan, sindiran dan komentar berbau negatif lainnya yang anak terima sehari-hari bisa menyebabkan anak tidak percaya diri. Oleh karena itu, jangan mengumpat atau melontarkan kata-kata kasar ketika Anda melihat anak sedang merasa down — seperti “Kamu males banget, sih!”, atau “Kamu minder banget, ya!”.
Anak-anak sangat mudah menyerap setiap pesan yang diterimanya, apalagi dari orangtuanya sendiri, Ketika mereka mendengar hal-hal yang berbau negatif tentang dirinya, mereka akan merasa buruk tentang diri mereka sendiri, dan bertindak sesuai dengan itu.
4. Biarkan mereka mengambil keputusan
Mengkritisi penampilan anak adalah cara tercepat untuk mematikan rasa percaya dirinya. Karena itu, berikan feedback yang positif dan saran yang membangun atas penampilannya.
Tapi jangan pernah mengatakan bahwa apa yang dia lakukan jelek atau buruk. Bila anak takut untuk gagal karena kuatir akan mengecawakan orangtua, maka ia tidak akan pernah berani mencoba hal baru.
5. Hargai ide mereka
Dunia Anda dan anak Anda tentu berbeda. Anak kecil cenderung memandang dunia dari sudut pandang mereka. Sehingga, Anda tidak perlu terkejut jika mereka mengeluarkan ide-ide unik dan aneh; Anda hanya perlu mendengarkan dan menghargai setiap ide yang mereka sampaikan. Karena menertawakan atau menganggap sepele ide mereka akan membuat mereka tidak percaya diri dengan ide atau pendapatnya sehingga bisa membuat mereka takut menyampaikan idenya di kemudian hari.
6. Terbuka untuk mencoba Hal Yang Baru
Ketika anak Anda merasa tidak memiliki kemampuan apapun, mereka akan tumbuh menjadi anak yang tidak percaya diri. Karena itu, Anda perlu membantu mereka untuk menemukan hal apa yang mereka sukai. Ajak mereka untuk mencoba berbagai hal baru, misalnya ikut les nyanyi atau beladiri atau ikut sanggar seni, misalnya di SanggarAnanda, untuk mencari tahu apa bakat tersembunyi mereka.
7. Fokus Pada Kemampuan Anak
Jika sudah terlihat bakatnya dibidang apa, maka fokuslah pada bakatnya tersebut, bakat itu adalah Give yang diberikan Tuhan pada anak Anda.
dibuat denganberdu